Rabu, 27 November 2019

Kuliner Khas Jawa

1. Lumpia Semarang, Jajanan Khas Jawa Tengah

makanan khas jawa tengah

Siapa yang belum tau Semarang itu makanan khas-nya apa? Hampir semua orang kalau ditanya pasti jawabnya lumpia. Lumpia lebih enak kalau dimakan saat masih hangat lho. Apalagi kalau makannya dikasih dengan siraman saus atau dengan cabe merah, nyam-nyam, pasti tambah menggoda tuh.

Lumpia mempunyai isi yang beragam, ada yang pakai ayam, telur, sayuran dan udang pun ada. Kalau kamu berkunjung ke Semarang. Jangan lupa cobain makan yang satu ini ya.

2. Tahu Petis, Camilan Khas Jawa Tengah
masakan jawa tengah
Nah, kalau tadi lumpia sekarang ini makanan dari olahan tahu, yakni tahu petis. Makanan ini asli dari Semarang. Biasanya tahu petis ini digunakan untuk camilan atau kalau kamu mau nasi pakai makanan ini juga bisa lho.
Tahu petis ini bahannya tentu saja tahu, tahu goreng tepatnya. Dinamakan tahu petis karena tahu goreng ini ada siraman saus hitam yang namanya petis. Nah, petis ini terbuat dari dari kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak terus sampai menjadi kental.

3. Telur Asin
jajanan tradisional jawa tengah
Telur yang rasanya asin ya ini, telur asin. Makanan yang berasal dari telur bebek ini terkenal di daerah Brebes, Jawa Tengah. Biasanya telur asin ini dimakanya sama nasi, tapi ada juga yang dimakan langsung gitu aja nggak pakai nasi.
4. Tempe Mendoan
Makanann yang satu ini sangat terkenal sekali di daerah Banyumas dan Purwokerto lho. Hampir di daerah Jawa Tengah ada makanan yang satu ini.
masakan khas jawa tengah
Bahkan di sebagian warung yang ada di daerah Jawa Tengah sebagaian besar menjual gorengan tempe mendoan. Sampai sekarang orang Banyumas dan Purwokerto menyebut tempe yang digoreng tepung tapi sampai garing juga disebut mendoan.
5. Enting-Enting Gepuk
Tau makanan yang diiklanin di tv yang namanya ting-ti*g nggak? Nah, mungkin itu bentuk modern dari enting-enting gepuk. Kalau saya sih milih enting –enting nya. Enting-enting ini khasnya daerah Salatiga, Jawa Tengah.
makanan tradisional jawa tengah
Bahan intinya adalah kacang tanah yang dihaluskan kemudian dipadatkan. Tapi sebelumnya udah dicampur sama gula Jawa dulu biar semua menyatu menjadi satu (itulah indonesia).
6. Nasi Gandul, Makanan Khas Jawa Tengah
makanan khas daerah jawa tengah
Kalau kamu main ke Pati, jangan lupa mencicipi nasi gandul. Cara penyajian nasi gandul ini adalah menggunakan daun pisang. Beda kan? Rasa nasi nya itu lho lebih gurih dari nasi yang lainnya. Bahkan ada juga yang menambahkan daun pandan saat memasak nasi gandul ini, biar wanginya makin sedap dan tentu saja menggugah selera makan kita.
Nasi gandul ini paling enak kalau makannya langsung di kota Pati. Dengan kuah yang segar ditambah lauk berupa daging sapi yang sudah diolah tentu akan menjadi pelengkap yang makin membuat nasi gandul ini menjadi lebih lezat.
7. Nasi Liwet
masakan tradisional jawa tengah
Lain tempat lain pula namanya, kalau tadi nasi gandul, sekarang nasi tiwel. Makanan dari nasi ini asalnya dari kota Solo, bedanya sama nasi gandul mungkin penyajianya sama bahan pelengkapnya. Nasi liwet ini disajikan dengan potongan ayam dan kadang pakai labu siam juga.
Masak nasi liwet ini hampir sama kayak bikin nasi uduk biasanya. Pertama masak beras dengan santan dari kelapa yang sudah tua biar ada rasa gurih-gurih nya. Kalau main ke Solo, nggak ada salahnya cobain makanan yang satu ini.
8. Rondo Royal
makanan jawa tengah
Nah, kalau makanan satu ini namanya agak nyentrik yakni rodo royal. Nggak tau sih apa maksud nya kok dikasih nama rondo royal, padahal rondo itu artinya janda lho. Makanan ini berasal dari daerah Jepara, bahannya adalah tape singkong. Oalaaah, tape goreng ternyata, hahaha, memang tape goreng nih.
Jadi tape dimasukkan ke adonan tepung kemudian digoreng, jadi deh rondo royal nya. Buat kamu yang pengen nyicipin makanan yang satu ini, dari pada jauh-jauh ke Jawa Tengah, bisa buat sendiri aja. Kalau nggak beli di tukang gorengan aja, siapa tau adah tuh.
9. Soto Kudus, Kuliner Khas Jawa Tengah
menu masakan jawa tengah

Makanan yang satu ini adalah soto Kudus yang berasal dari daerah Kudus, Jawa Tengah pastinya. Bedanya soto Kudus dari soto yang lain adalah penyajiannya menggunakan mangkok kecil. Selain itu, soto kudus ada banyak versi nya nih, ada yang pakai daging kerbau atau daging ayam.
Nah, kalau kamu ingin tau rasa sensasinya makan daging kerbau itu kayak apa, datang aja ke Kudus. Dan cobain deh soto Kudus yang pakai daging kerbau, rasakan sensasinya.
10. Gethuk
makanan ringan khas jawa tengah
Gethuk adalah makanan yang menggunakan bahan dasar singkong. Sebenarnya nggak cuma di Jawa Tengah aja, di Jogja juga ada gethuk goreng lho. Tapi kenyataanya makanan ini terkernalnya dari daerah Jawa Tengah.
Gethuk dulu warna aslinya adalah putih, tapi sekarang sudah ada bermacam-macam warna agar lebih menarik. Selain itu ada juga gethuk uang digoreng lho, jadi rasanya nggak kalah sama gethuk biasa.

Sumber: https://sahabatnesia.com/makanan-khas-jawa-tengah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jajanan Pasar Tradisional Makassar

Liburan ke luar kota paling asyik menjajal jajanan tradisionalnya. Apalagi jika kuliner tersebut legendaris. Sayang sekali jika dilewatkan....