Kamis, 28 November 2019

Jajanan Pasar Tradisional Makassar

Liburan ke luar kota paling asyik menjajal jajanan tradisionalnya. Apalagi jika kuliner tersebut legendaris. Sayang sekali jika dilewatkan. Kali ini, Travelingyuk ingin memberikan beberapa rekomendasi jajanan pasar di Makassar yang bisa kamu coba. Simak ya!

1. Bikang Doang






















Terbuat dari tepung terigu, parutan bawang, tauge, dan potongan wortel yang digoreng menjadi satu. Bikang doang juga dihiasi oleh 
topping udang yang berukuran cukup besar. Jajanan ini makin lezat jika disantap dengan sambal cuka khas Makassar. Salah satu kedai yang terkenal dengan Bikang doangnya adalah Toko Jalangkote Lasinrang. Letaknya Jl. Lasinrang.



2. Roko-Roko Unti





Jajanan yang juga disebut “Kue Nagasari” ini menggunakan potongan pisang sebagai bahan utama. Ciri khasnya dibungkus menggunakan daun pisang. Selain pisang, lapisan adonan dari tepung beras bertekstur lembut. Sementara rasanya manis dan gurih. Roko-Roko Unti bisa kamu dapatkan di Mama Toko Kue yang terletak di Jl. Adhyaksa.
3. Putu Cangkiri




Nama Putu Cangkiri diambil dari bentuk kue yang mirip cangkir terbalik. Bahan dasar jajanan ini berupa gula merah, kelapa, dan beras ketan. Terdapat dua jenis warna dari kue ini, yaitu cokelat dan putih. Satu buah tak akan cukup, karena rasanya gurih dan terus menggoyang lidah. Jajanan ini bisa ditemukan pada beberapa toko kue di sekitar Jl. Tamalate. 




4. Buroncong







Sekilas, jajanan ini mirip dengan kue cubit. Namun, di Makassar kue ini dikenal dengan nama Buroncong. Teksturnya kenyal dan memiliki aroma wangi kelapa yang kuat. Kuliner satu ini dibuat dengan cara dipanggang menggunakan kayu bakar. Umumnya para penjual makanan ini dengan cara berkeliling.

5. Barongko






Kuliner yang sarat dengan historis kebudayaan suku Bugis ini merupakan kue berbahan dasar pisang. Dulunya, jajanan tersebut merupakan makanan penutup untuk kalangan bangsawan. Pisang yang sudah dihaluskan dicampur dengan gula pasir, garam, telur, dan santan. Adonan tersebut dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus hingga matang. Barongko juga bisa ditemui di Mama Toko Kue Jl. Adhyaksa.

6. Sanggara Belanda






Secara Harfiah, arti dari nama jajanan ini adalah Pisang Goreng Belanda. Kue ini berbahan dasar pisang raja yang memiliki rasa luar biasa enaknya. Konon, warga Belanda menyukai jajanan ini. Saat ini, sangat mudah menemukan Sanggara Belanda. Selain di toko jajanan tradisional, juga disediakan ketika ada kegiatan khas suku bugis, seperti pernikahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jajanan Pasar Tradisional Makassar

Liburan ke luar kota paling asyik menjajal jajanan tradisionalnya. Apalagi jika kuliner tersebut legendaris. Sayang sekali jika dilewatkan....